Resep Pepes Ayam Bumbu Kuning Lezat dan Enak | Resep Makanan

Resep Pepes Ayam Bumbu Kuning Lezat dan Enak

Tunggu, sedang memuat Resep Pepes Ayam Bumbu Kuning Lezat dan Enak...

Resep Pepes Ayam Bumbu Kuning Lezat dan EnakPada kesempatan kali ini kami akan membagikan Aneka Resep Masakan, Makanan dan Minuman Sehat kepada kamu semua cara membuat Resep Pepes Ayam Bumbu Kuning Lezat dan Enak.

Niat banget nih kepengen masak pepes ayam requesan bunda yang mau dateng kerumah. Ya, kebetulan juga saya udah lama gak masak pepes ayam, karena memang kalo gak ada yang minta dimasakin pepes ayam itu suka lupa sama masakan kesukaan dahulu. Trus karena hari ini ada reques dari bunda minta dimasakin pepes ayam, jadi keluar deh simpenan catatan resep masakan yang dulu pernah disimpen dari ncc.

Resep pepes ayam bumbu kuning hari ini pakai ayam kampung, karena biar sesuai permintaan bunda. Karena kalau kata bunda sih, kalo daging ayam kampung itu lebih gurih dibanding dengan ayam buras atau putih. Yang penting cara ngolah dan bahan bumbu yang digunakan untuk membuat pepes ayamnya lengkap, alias gak asal kasih bumbu aja.

Sebelum praktek alangkah baiknya anda semua mempersiapkan terlebih dahulu bahan – bahan yang diperlukan sebagai berikut :

Cara membuat dan Bahan – Bahan Resep Pepes Ayam Bumbu Kuning Lezat dan Enak

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Pepes Ayam Bumbu Kuning :

  • 2 ekor Ayam kampung, dipotong jadi 8 bagian.
  • 2 buah Jeruk Nipis, diambil airnya.
  • 4 batang Daun Sereh, dipotong-potong.
  • 16 lembar Daun Jeruk purut.
  • 8 lembar Daun Salam.
  • 4 batang Daun Bawang, di rajang kasar.
  • 4 ikat Daun Kemangi, di ambil daunnya.
  • 4 buah Tomat Hijau, di potong tipis.
  • 2 ruas jari Lengkuas, di potong tipis.
  • 15 buah Cabai Rawit merah utuh.
  • 2 buah Cabai Merah besar, di iris serong.
  • Daun Pisang secukupnya.

Bahan bumbu halus Pepes Ayam :

  • 50 gram Bawang Merah.
  • 15 gram Bawang Putih.
  • 15 gram Kunyit.
  • 25 gram Kemiri.
  • 15 gram Garam.
  • 10 gram Gula Pasir.
  • 1 sendok teh Kaldu Ayam bubuk.
  • 500 ml Air.

Cara memasak Pepes Ayam  Bumbu Kuning :

  1. Cuci sampai bersih daging ayam yang sudah dipotong-potong tadi, lalu tiriskan.
  2. Setelah itu, taruh potongan daging ayam dalam wadah. Lalu kucuri potongan daging ayam tadi dengan perasan air jeruk nipis. Biarkan potongan daging ayam mengalami proses ‘marinasi’ selama 15 menit. Lalu cuci bilas dengan air, lalu tiriskan.
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng sedikit. Lalu tumis bahan bumbu halus hingga beraroma harum.
  4. Setelah bumbu tumis harum, masukkan potongan daging ayam tadi kedalam wajan tumisan bumbu. Lalu aduk-aduk sampai merata dan hingga ayam terlumuri oleh bumbu semua.
  5. Sesudah itu, tuang air kedalam wajan, beserta garam, gula pasir dan kaldu ayam bubuk kedalam wajan. Lalu masak terus hingga daging ayam matang dan air surut. Lalu matikan api kompor.
  6. Selanjutnya, ambil 2 lembar daun pisang, lalu beri daun salam dan daun jeruk purut diatasnya. Lalu taruh satu potong daging ayam, lalu beri sereh, tomat, daun bawang dan daun kemangi. Lalu bungkus dan semat ujung daun pisang dengan lidi atau tusuk gigi. Lakukan cara tadi sampai semua daging ayam terbungkus semua.
  7. Setelah itu, kukus pepes ayam selama kurang lebih satu jam (bila menggunakan panci presto, cukup dimasak selama 15 menit saja). Lalu angkat dan sajikan peoes ayam dipiring saji.

Gimana, Cukup mudah kan “Resep Pepes Ayam Bumbu Kuning Lezat dan Enak”, nya?

Nah, untuk menyimpan (Bookmark) Kumpulan Resep Kami ini, Dengan Cara “BAGIKAN” ke Sosial Media anda otomatis resepnya bakal tersimpan disana dan Kami Bahagia.

Happy Cooking !

Baca Juga Kumpulan Resep Lainnya di olahanmakanan.com

Resep MakananResep Minuman
Resep KueResep Cemilan
Resep SambalResep Pilihan
Resep Lainnyapepes ayam bumbu kecap,resep pepes Ayam pesmol,bumbu rawon ayam sederhana,resep sambal rempah chicken story,resep koloke ayam rudi khoirudin,resep ayam goreng dendeng ragi,resep daging kancil,resep ayam penyet singapore,olahan ayam pete,resep snack ala chef